About

Pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Definisi sebelumnya menyatakan bahwa seorang manusia dapat melihat perubahan terjadi tetapi tidak pembelajaran itu sendiri. Konsep tersebut adalah teoretis, dan dengan demikian tidak secara langsung dapat diamati:
Anda telah melihat individu mengalami pembelajaran, melihat individu berperilaku dalam cara tertentu sebagai hasil dari pembelajaran, dan beberapa dari Anda (bahkan saya rasa mayoritas dari Anda) telah "belajar" dalam suatu tahap dalam hidup Anda. Dengan perkataan lain, kita dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran telah terjadi ketika seorang individu berperilaku, bereaksi, dan merespon sebagai hasil dari pengalaman dengan satu cara yang berbeda dari caranya berperilaku sebelumnya.

Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreatifitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar. Desain pembelajaran yang baik, ditunjang fasilitas yang memandai, ditambah dengan kreatifitas guru akan membuat peserta didik lebih mudah mencapai target belajar.
Tentang situs Dunia Pembelajaran
Situs "Dunia Pembelajaran" ini hadir sebagai salah satu ikhtiar dan partisipasi dalam dunia pendidikan khususnya pada proses kegiatan belajar mengajar yang harus disiapkan oleh pendidik atau guru. Sehingga pendidik mampu menggali serta mengembangkan pembelajaran-pembelajaran yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta didik atau siswa. Adapun Isi Situs "Dunia Pembelajaran" ini memberikan gambaran bagaimana seorang pendidik mampu menciptakan iklim kelas yang efektif, efisien, inovatif dan kreatif. Yang di dalamnya membahas Teori Belajar, Tokoh-Tokoh Pendidikan dan Teorinya, Model-Model Pembelajaran serta langkah-langkahnya, Metode-Metode Pembelajaran, Media-Media Pembelajaran, Strategi-Strategi Pembelajaran serta langkah-langkahnya, dan beberapa contoh tentang perangkat pembelajaran.

Meskipun awalnya Situs "Dunia Pembelajaran" ini difokuskan hanya pada Model Pembelajaran, Media, Metode serta Strategi Pembelajaran, Situs ini juga mengulas dan menambahkan teori-teori yang bersangkutan lahirnya suatu model pembelajaran, dipercantik juga dengan tokoh-tokoh utama yang menelurkan teori tersebut. Sehingga dengan adanya tambahan-tambahan tersebut situs Dunia Pembelajaran bisa dan dapat penyesuaian terhadap perkembangan dalam dunia pembelajaran. Tetapi Situs "Dunia Pembelajaran" ini tidak pula berpretensi untuk menjadi panduan buku bagi para pendidik. Mungkin lebih tepatnya sebagai "Pemacu" munculnya kreativitas dan gagasan segar sehingga bisa menambah wawasan menjadi lebih berbobot dan mampu menciptakan suatu pembelajaran yang menyenangkan.

Tujuan utama Situs "Dunia Pembelajaran" ini adalah, pertama menginformasikan kepada semua kalangan baik siswa, mahasiswa, praktisi pendidikan, serta penyelenggara pendidikan untuk selalu update dalam masalah informasi. Kedua, mengajak para pengajar baik guru maupun ustadz dan pengelola lembaga pendidikan agar jangan cepat lelah dalam membuat dan menciptakan suatu pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Sebagai buatan manusia yang tidak pernah luput dari kesalahan dan khilaf, tentunya Situs "Dunia Pembelajaran" ini masih banyak koreksi dan perbaikan. Oleh karena itu, diharapakan kritik dan sarannya demi meningkatkan kualitas kontent dan agar lebih memiliki substansi di masa-masa yang akan datang. Atas kritik, saran dan komentarnya, kami sampaikan terima kasih.




Salam Hangat Kami,