RPP dan Silabus SMA - Postingan kali ini, Dunia Pembelajaran akan mencoba share mengenai contoh RPP dan silabus tingkat SMA dari mulai kelas 1, 2, dan 3 untuk kurikulum tingkat satuan pendidikan atau yang sering kita kenal dengan sebutan KTSP. Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Sebelum langsung membahas mengenai RPP dan Silabus, perlu kita ketahui bahwa berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang mengacu kepada standar nasional pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Lalu bagaimana tujuan pengembangan KTSP ini?

Tujuan Pengembangan KTSP

Untuk memenuhi amanat undang-undang tersebut dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya serta tujuan pendidikan sekolah pada khususnya, SMA/MA sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Selain itu, KTSP ini dikembangkan untuk memudahkan proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah dan sebagai pedoman guru dalam melaksanakan pengajaran.

Melalui KTSP ini, sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu, dalam pengembangannya, penyusunan KTSP melibatkan seluruh warga sekolah dengan berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekitar sekolah. Sebenarnya apa prinsip-prinsip dalam pengembangan KTSP ini?

Prinsip Pengembangan KTSP

Kurikulum tingkat satuan pendidikan ini dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah dengan berpedoman pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip berikut:
  1. Peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.
  2. Beragam dan terpadu. Kurikulum dikembangkan dengan memerhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, dan jenjang serta jenis pendidikan, tanpa membedakan agama, suku, budaya, dan adat istiadat, serta status sosial ekonomi dan gender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi.
  3. Ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum mendorong perserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara tepat perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya.
  4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stake holder) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha, dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, berpikir, sosial, akademik, dan keterampilan vokasional merupakan keniscayaan.
  5. Menyeluruh dan berkesinambungan. Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara kesinambungan antarsemua jenjang pendidikan.
  6. Belajar sepanjang hayat. Kurikulum diarahkan pada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.
  7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah. Kurikulum daerah untuk membangun kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Contoh RPP dan Silabus SMA Kelas 1, 2 dan 3 KTSP Lengkap

Adapun salah satu komponen dari KTSP, adalah RPP dan Silabus. RPP adalah bagian dari perencanaan proses pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Sedangkan yang dimaksud silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Lihat juga: Contoh RPP dan Silabus SMA Kelas 1, 2, dan 3 KTSP Lengkap

Contoh RPP dan Silabus SMA KTSP

Berikut Dunia Pembelajaran sediakan contoh RPP SMA berikut Silabus SMA yang bisa teman-teman download:
RPP SMA Kelas 1, 2, dan 3 KTSP
RPP B. Indonesia SMA KTSP [Download]
RPP B. Inggris SMA KTSP [Download]
RPP IPA Biologi SMA KTSP [Download]
RPP IPA Fisika SMA KTSP [Download]
RPP IPS Kimia SMA KTSP [Download]
RPP IPS Sejarah SMA KTSP [Download]
RPP IPS Geografi SMA KTSP [Download]
RPP IPS Ekonomi SMA KTSP [Download]
RPP Sosiologi SMA KTSP [Download]
RPP Matematika SMA KTSP [Download]
RPP PAI SMA KTSP [Download]
RPP PJOK SMA KTSP [Download]
RPP PKn SMA KTSP [Download]
RPP SBK SMA KTSP [Download]
RPP TIK SMA KTSP [Download]
Silabus SMA Kelas 1, 2 dan 3 KTSP
Silabus B. Indonesia SMA KTSP [Download]
Silabus B. Inggris SMA KTSP [Download]
Silabus IPA Biologi SMA KTSP [Download]
Silabus IPA Fisika SMA KTSP [Download]
Silabus IPA Kimia SMA KTSP [Download]
Silabus IPS Sejarah SMA KTSP [Download]
Silabus IPS Geografi SMA KTSP [Download]
Silabus IPS Ekonomi SMA KTSP [Download]
Silabus Sosiologi SMA KTSP [Download]
Silabus Matematika SMA KTSP [Download]
Silabus PAI SMA KTSP [Download]
Silabus PJOK SMA KTSP [Download]
Silabus PKn SMA KTSP [Download]
Silabus SBK SMA KTSP [Download]
Silabus TIK SMA KTSP [Download]

Demikianlah postingan mengenai Contoh RPP dan Silabus SMA Kelas 1, 2, dan 3 KTSP Lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan bisa membantu.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.