Thursday, September 10, 2015

Metode Pembelajaran Membaca SQ3R dalam Matematika

Metode Pembelajaran Membaca SQ3R dalam Matematika - Pada kesempatan kali ini, blog pembelajaran akan share mengenai metode pembelajaran SQ3R. Metode membaca SQ3R dikemukakan oleh Francis P. Robinson pada Tahun 1941 di Universitas Ohio Amerika Serikat. Menurut Soedarso (1988), SQ3R merupakan proses membaca yang terdiri dari lima langkah, yaitu:

Metode Pembelajaran Membaca SQ3R dalam Matematika

1) S-Survey (memeriksa, meneliti atau mengidentifikasi seluruh teks).
Survey atau prabaca adalah teknik untuk mengenal bahan bacaan sebelum membacanya secara lengkap, dilakukan untuk mengenal susunan dari isi bahan bacaan yang akan dibaca dengan maksud untuk.
  • Mempercepat menangkap arti,
  • Mendapatkan abstrak,
  • Mengetahui ide-ide penting,
  • Melihat susunan bahan bacaan tersebut,
  • Mendapat minat perhatian yang saksama terhadap bacaan, dan
  • Memudahkan mengingat lebih banyak dan memahami lebih mudah.

Tindakan pertama yang perlu dilakukan dalam survey buku adalah memperhatikan judul buku dan mengajukan pertanyaan tentang topik yang terkandung di dalamnya. Lalu melihat nama penulis dan atributnya yang bisaanya memberikan petunjuk isi tulisan. Melihat aktualisasinya, dapat melihat tahun penerbitannya. Jika terdapat sampul bagian belakang, sebaiknya perlu dibaca karena memuat pesan penerbit mengenai hal penting dari buku. Tahap berikutnya adalah dengan menelusuri daftar isi, membaca pengantar, melihat tabel, grafik, apendiks dan menelusuri indeks.

2) Q-Question (menyusun daftar pertanyaan yang relevan dengan teks)
Bersamaan pada saat survey, pembaca mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang isi bacaan itu, dengan mengubah judul dan subjudul serta sub dari subjudul menjadi suatu pertanyaan. Kata-kata yang digunakan adalah siapa, apa, kapan, dimana, atau mengapa.

3) R-Read (membaca teks secara aktif untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun)
Pada tahap ini, pembaca membaca teks tersebut bagian demi bagian, lalu mencari jawaban atas pertanyaan yang dibentuk berdasarkan judul-judul bagian atau pertanyaan lain yang muncul sehubungan dengan topik bacaan itu dengan mengkonsentrasikan pada penguasaan ide pokok serta detail yang penting, yaitu mendukung ide pokok, memperlambat cara membaca di bagian-bagian penting atau yang dianggap sulit dan mempercepat kembali pada bagian yang tidak penting atau yang telah diketahui.

4) R-Recite atau Recall (menjawab dan menghafal setiap jawaban yang telah ditemukan)
Dalam tahap ini pembaca berhenti sejenak setiap selesai membaca suatu bagian dan mencoba menjawab pertanyaan bagian itu atau menyebutkan hal-hal penting dari bab itu. Pada kesempatan itu, pembaca juga dapat membuat catatan seperlunya.

5) R-Review (meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang tersusun pada langkah kedua dan ketiga)
Salah satu bentuk review adalah dengan membaca ulang untuk menelusuri kembali judul-judul dan subjudul, jawaban atas pertanyaan, serta bagian penting lainnya dengan menemukan pokok-pokok penting yang perlu untuk diingat kembali. Membaca ulang dalam tahap ini bukan berarti membaca ulang seluruh bahan bacaan yang telah dibaca sebelumnya melainkan membaca ulang sebagian bahan bacaan saja. membantu daya ingat dan memperjelas pemahaman juga untuk mendapatkan hal-hal penting yang terlewatkan.

Tahapan-Tahapan Metode Membaca SQ3R

  • Survey - Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan survey bab adalah dengan mengamati subjudul-subjudul dan kaitannya, mengamati grafik, peta dan lain-lain. Lalu dengan memperhatikan: (a) Paragraf pertama dan akhir (ide pokok paragraf), (b) Ringkasan (Ikhtisar atau ringkasan tentang bab yang terletak di bagian tersendiri yaitu mendahului bab itu), (c) Sub judul (untuk mengetahui hubungan bagian-bagian isi buku itu).

Adapun tahap-tahap dalam survey artikel adalah dengan: (a) membaca judul, (b) membaca semua sub judul, (c) mengamati tabel, skema atau peta yang memperjelas isi, (d) membaca pengantar, (e) membaca kalimat pertama sub-bab, (f) menentukan berguna tidaknya artikel tersebut.

Contohnya pada soal matematika berbentuk cerita:
Suatu taman berbentuk lingkaran dengan jari- jari 28 m. Di dalam taman dibuat kolam yang berbentuk lingkaran dengan diameter 40 m. Di luar kolam di dalam taman ditanami rumput. Bila harga rumput dan biaya pemasangan Rp 10.000,00 tiap m2, biaya yang diperlukan seluruhnya adalah?

Tahap survey ini pembaca membaca sebuah buku matematika tersebut hanya sekilas, guna untuk mengetahui inti materi pokok bahasan lingkaran. Materi lingkaran pembaca hanya perlu memahami sub judul pada materi pokok bahasan lingkaran.

  • Question - Maksud dari tahap question ialah pembaca mengajukan pertanyaan yang belum di mengerti setelah melakukan tahap survey selesai, tahap question dapat membantu pembaca yang kurang aktif dalam lingkungan kelas.

Contohnya pada soal matematika :
Panjang jari-jari sebuah lingkaran 16 cm dan jarak titik di luar lingkaran dengan pusat lingkaran adalah 34 cm. Panjang garis singgung lingkaran adalah?

Pada tahap question siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan judul, subjudul, atau  istilah-istilah mengenai lingkaran (serupa dengan tahap question).

  • Read - Contohnya pada soal matematika berbentuk cerita :
Suatu taman berbentuk lingkaran dengan jari- jari 28 m. Di dalam taman dibuat kolam yang berbentuk lingkaran dengan diameter 40 m. Di luar kolam di dalam taman ditanami rumput. Bila harga rumput dan biaya pemasangan Rp 10.000,00 tiap m2, biaya yang diperlukan seluruhnya adalah?

Pada tahap membaca ini ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu : (1) tidak diperlukan membuat catatan-catatan karena akan memperlambat dalam membaca. Selain itu juga, catatan itu bisa jadi hanya kutipan kata-kata penulisnya saja. (2) tidak perlu membuat tanda-tanda seperti garis bawah pada kata maupun frase tertentu, karena ada kemungkinan kesalahan dalam memilih kata yang digarisbawahi, dan untuk menghindari bahan bacaan penuh dengan coretan tak berarti. Pada tahap read ini pembaca membaca semua materi pokok bahasan lingkaran, guna untuk mencari jawaban tahap yang ke dua yaitu tahap question. Membaca teliti materi lingkaran (serupa dengan tahap read).

  • Recite and Recall - Pada tahap ini pembaca melatih diri dan berusaha tidak membuka kembali bahan bacaan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang telah diajukan. Jika sebuah atau beberapa pertanyaan tidak terjawab, pembaca menjawab pertanyaan berikutnya hingga seluruh pertanyaan terjawab. Waktu untuk tahap ini adalah setengah dari waktu untuk membaca.

Contohnya pada soal matematika :
Panjang jari-jari sebuah lingkaran 16 cm dan jarak titik di luar lingkaran dengan pusat lingkaran adalah 34 cm. Panjang garis singgung lingkaran adalah?

Pada tahap ini si pembaca hanya merecite (menjawab), dalam tahap ini peembaca menjawab pertanyaan yang belum terjawab akan tetapi pembaca di larang untuk membuka kembali isi bacaan atau materi pokok bahasan tentang lingkaran.

  • Review - Membaca dengan menggunakan SQ3R dianggap lebih memuaskan, karena dengan teknik ini dapat mendorong seseorang untuk lebih memahami apa yang dibacanya, terarah pada intisari atau kandungan-kandungan pokok yang tersirat dan tersurat dalam suatu buku atau teks. Selain itu, langkah-langkah yang ditempuh dalam teknik ini tampaknya sudah menggambarkan prosedur ilmiah, sehingga diharapkan setiap informasi yang dipelajari dapat tersimpan dengan baik dalam sistem memori jangka panjang seseorang. Kegiatan pembelajaran dengan metode SQ3R, pembaca dilatih untuk menceritakan/mengutarakan kembali dengan kata-kata sendiri. Tetapi metode SQ3R memerlukan waktu yang cukup lama karena memiliki tahapan membaca yang sistematis.

Contohnya pada soal matematika berbentuk cerita :
Suatu taman berbentuk lingkaran dengan jari- jari 28 m. Di dalam taman dibuat kolam yang berbentuk lingkaran dengan diameter 40 m. Di luar kolam di dalam taman ditanami rumput. Bila harga rumput dan biaya pemasangan Rp 10.000,00 tiap m2, biaya yang diperlukan seluruhnya adalah?

Tahap terakhir ini pembaca mencoba untuk mengulas materi pokok bahasan lingkaran yang belum di fahami, guna untuk menggetahui materi yang menurutnya sulit di fahami. Metode mengajar adalah berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan teknik pembelajaran adalah ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu. Teknik pembelajaran mengambarkan langkah-langkah penggunaan metode mengajar yang sifatnya lebih operasional. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penentuan teknik pembelajaran di antaranya adalah kemampuan dan kebiasaan guru, ketersedian sarana dan waktu, serta kesiapan siswa.

Demikianlah uraian mengenai Metode Pembelajaran Membaca SQ3R dalam Matematika. Semoga bisa menambah wawasan tentang metode-metode pembelajaran dan mudah-mudah dapat bermanfaat untuk teman-teman.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon