Wednesday, September 9, 2015

Makna Media dalam Pembelajaran

Makna Media dalam Pembelajaran dan Pembelajaran Matematika - Kata media berasal dari bahasa lain dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Jadi media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Banyak batasan yang diberikan orang tentang media, antara lain :
  • Asosiasi teknologi dan komunikasi pendidikan (Association of Education and Communication Technology/AECT) di Amirika membatasi media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi.
  • Gagne (1970) menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa dan dapat merangsangnya untuk belajar
  • Briggs (1970) berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Briggs dalam Sugiarto-Hidayah (2005) menyatakan bahwa Media/alat peraga sebagai alat bantu pembelajaran matematika untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Lebih khusus alat peraga adalah benda-benda konkret yang merupakan model dari ide-ide matematika dan benda konkret untuk penerapan matematika.
  • Asosiasi Pendidikan Nasional (Nasional Education Assiciation/NEA) memberikan pengertian yang berbeda. Media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercatat maupun audiovisual serta perantaranya. Media dirancang untuk dapat dimanipulasi, dilihat, didengar dan dibaca.
  • Tim Instruktur PKG, (1988). Media/alat peraga sebagai alat bantu pembelajaran matematika untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Lebih khusus alat peraga adalah benda-benda konkret yang merupakan model dari ide-ide matematika dan benda konkret untuk penerapan matematika
  • Darhim dalam Waluyo (2008) mengatakan bahwa alat peraga penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi tertuang dalam GBPP bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Media/alat pembelajaran adalah alat-alat yang digunakan guru dalam pembelajaran untuk membantu memperjelas materi pelajaran dan mencegah terjadinya verbalisme pada diri siswa. Pembelajaran yang menggunakan banyak verbalisme akan membosankan siswa.
  • Anderson dalam Sugiarto, Hiadayah (2007) berpendapat bahwa alat peraga sebagai media atau pelengkap yang digunakan untuk membantu guru mengajar, sementara Media/ alat peraga dalam pembelajaran matematika sebagai alat bantu pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Lebih khusus alat peraga adalah benda-benda konkret yang merupakan model dari ide-ide matematika dan benda konkret untuk penerapan matematika.
  • Usman (2002) menyetakan bahwa pembelajaran akan lebih menarik bila siswa gembira belajar atau senang karena mereka merasa tertarik dan mengerti apa yang dipelajarinya (Usman, 2002: 31).

Berdasarkan pendapat-pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan peserta didik untuk belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar serta menjadikan tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan mudah.

Menurut Waluyo (2008) menyatakan bahwa agar lebih jelas lagi perlu juga dikemukakan konsep lain yang sangat berkaitan dengan media pembelajaran yaitu; sumber belajar. Konsep sumber belajar memiliki cakupan yang lebih luas yaitu semua sumber (berupa data, orang, benda) yang dapat digunakan untuk memberikan fasilitas belajar bagi peserta didik. Sumber belajar tersebut meliputi POBATeL.
Makna Media dalam Pembelajaran
P : pesan (ide,fakta, data, ajaran, informasi, dll.). O : orang (guru, dosen, instruktur, fasilitator, widyaiswara, dll.). B : bahan (buku teks, modul, handout, transparansi, kaset program audio, CD pembelajaran, LKS, dll.). A : alat (OHP, computer, taperecorder, LCD, laptop, CD player, dll.). T : teknik (praktikum, demonstrasi, diskusi, tutorial, pembelajaran mandiri, dll.). L : lingkungan (gedung sekolah, taman, pasar, kebun, dll.).

Klasifikasi Media Pembelajaran

Menurut Ruseffendi (1989) secara garis besar media pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
  • Media objek fisik (model, alat peraga)
  • Media grafis / visual (poster, chart, kartu, dll.)
  • Media proyeksi
  • Media audio
  • Media audiovisual

Demikianlah postingan kali ini tentang Makna Media dalam Pembelajaran dan Pembelajaran Matematika berikut sedikit beberapa jenis atau klasifikasi media pembelajaran. Semoga dapat bermanfaat dan bisa membuka wawasan teman-teman.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon