Friday, September 11, 2015

Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Membaca SQ3R

Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Membaca SQ3R - Setelah pada postingan sebelumna blog pembelajaran telah share mengenai Metode Pembelajaran Membaca SQ3R. Maka, pada kesempatan kali ini blog pembelajaran akan share bagaimana langkah-langkah atau tahapan-tahapan mengenai metode pembelajaran membaca SQ3R. Tahapan-tahapan metode SQ3R menurut Sobur (2003: 253) adalah:

Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Membaca SQ3R

Baca juga : Metode Pembelajaran Membaca SQ3R dalam Matematika


  • Survey (menyelidiki)

Pada tahap survey pembelajar memperhatikan judul dan rangkuman bab untuk menemukan persoalan dari bab tersebut. Hal itu untuk member kerangka berpikir yang bisa digunakan untuk mengatur bahan yang dibaca.Sebelum melanjutkan langkah berikutnya, pastikan bahwa pembelajar mengerti tujuan bab itu dan apa yang hendak diajarkan. Sebaiknya penyelidikan dilakukan tidak memakan waktu lebih dari satu menit. Mengenai gambaran pokok-pokok yang akan dipelajari maka para pembelajar dapat dengan lebih cepat dan juga bisa menghubungkan pokok-pokok satu sama lain dengan baik.


  • Question (bertanya)

Merumuskan pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan untuk meningkatkan keingintahuan dan mengubah pembacaan para pembelajar menjadi tugas yang bertujuan menjawab tugas tersebut. Maksud dari tahap question ialah pembaca mengajukan pertanyaan yang belum di mengerti setelah melakukan tahap survey selesai, tahap question dapat membantu pembaca yang kurang aktif dalam lingkungan kelas.


  • Read (Membaca)

Membaca keseluruhan dari teks yang dipelajari untuk mencari jawaban dari tahap sebelumnya. Pembelajar harus menggali bahan, aktif mencari hal-hal yang penting. Kunci tipe pembaca adalah selektif. Perhatian dipusatkan pada bahan yang paling penting. Membaca hendaknya tidak merupakan suatu perbuatan yang pasif, melainkan berupa perbuatan aktif untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.


  • Recite (menceritakan kembali)

Setelah melakukan tahapan membaca, maka tutuplah buku dan ceritakan kembali jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan. Gunakan kata-kata sendiri. Jawablah semua pertanyaan-pertanyaan yang telah ditulis dengan beberapa kata kunci. Buatlah catatan tersebut sesingkat mungkin. Langkah ini sangat penting bagi “pemasukan” bahan tersebut ke dalam otak.


  • Review (mengulang kembali)

Setelah menyelesaikan seluruh tahapan maka ulangi semua pertanyaan tersebut sekali lagi dan jawablah dengan kata-kata sendiri. Mengulang ini menolong agar tidak cepat lupa, yaitu lupa apa yang baru saja dipelajari. Setelah itu ulangi bahan tersebut secara berkala.

Demikianlah uraian singkat mengenai langkah-langkah metode pembelajaran membaca SQ3R. Semoga bisa menambah wawasan mengenai pembelajaran dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon