Thursday, September 17, 2015

Kelebihan dan Kekurangan Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery)

Kelebihan dan Kekurangan Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) - Sebagaimana pada uraian postingan sebelumnya bahwa metode penemuan yang cocok untuk diterapkan pada siswa SMP adalah Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery). Menurut  Howe (dalam Hariyono, 2001) Penemuan terbimbing (Guided Discovery) merupakan salah satu dari jenis metode pembelajaran penemuan. menyatakan bahwa penemuan terbimbing tidak hanya sekedar keterampilan tangan karena pengalaman, kegiatan pembelajaran dengan model in tidak sepenuhnya diserahkan pada siswa, namum guru masih tetap ambil bagian sebagai pembimbing.

Baca juga: Metode Pembelajaran Discovery (Penemuan)

Menurut Soedjadi (dalam Purwaningsari, 2001)
Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing adalah Metode Pembelajaran yang sengaja dirancang dengan menggunakan pendekatan penemuan. Para siswa diajak atau didorong untuk melakukan kegiatan eksperimental, sedemikian sehingga pada akhirnya siswa dapat menemukan sesuatu yang diharapkan.

Dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing tugas guru cenderung menjadi fasilitator. Tugas ini tidaklah mudah, lebih-lebih kalau menghadapi kelas besar atau siswa yang lambat atau sebaliknya amat cerdas. Karena itu sebelum melaksanakan metode pembelajaran dengan penemuan ini guru perlu benar-benar mempersiapkan diri dengan baik. Persiapan ini dilakukan baik dalam tiap hal pemahaman konsep-konsep yang akan diajarkan maupun memikirkan kemungkinan yang akan terjadi di kelas sewaktu pembelajaran tersebut berjalan. Dengan kata lain, guru perlu mempersiapkan pembelajaran dengan cermat.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery)

Keuntungan dan Kelemahan metode Penemuan/Discovery

Beberapa keuntungan belajar discovery yaitu: 
  • Pengetahuan bertahan lama dan mudah diingat
  • Hasil belajar discovery mempunyai efek transfer yang lebih baik daripada hasil lainnya
  • Secara menyeluruh belajar discovery meningkatkan penalaran siswa dan kemampuan untuk berpikir bebas. Secara khusus belajar penemuan melatih keterampilan-keterampilan kognitif siswa untuk menemukan dan memecahkan masalah tanpa pertolongan orang lain.

Beberapa keunggulan metode penemuan juga diungkapkan oleh Suherman, dkk (2001) sebagai berikut:
  • Siswa aktif dalam kegiatan belajar, sebab ia berpikir dan menggunakan kemampuan untuk menemukan hasil akhir;
  • Siswa memahami benar bahan pelajaran, sebab mengalami sendiri proses menemukannya.
  • Sesuatu yang diperoleh dengan cara ini lebih lama diingat.
  • Menemukan sendiri menimbulkan rasa puas. Kepuasan batin ini mendorong ingin melakukan penemuan lagi sehingga minat belajarnya meningkat.
  • Siswa yang memperoleh pengetahuan dengan metode penemuan akan lebih mampu mentransfer pengetahuannya ke berbagai konteks.
  • Metode ini melatih siswa untuk lebih banyak belajar sendiri.

Beberapa Kelemahan belajar discovery yaitu:
  • Selain memiliki beberapa keuntungan, metode discovery (penemuan) juga memiliki beberapa kelemahan, di antaranya membutuhkan waktu belajar yang lebih lama dibandingkan dengan belajar menerima. Untuk mengurangi kelemahan tersebut maka diperlukan bantuan guru. Bantuan guru dapat dimulai dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan dengan memberikan informasi secara singkat. Pertanyaan dan informasi tersebut dapat dimuat dalam lembar kerja siswa (LKS) yang telah dipersiapkan oleh guru sebelum pembelajaran dimulai.

Demikianlah uraian mengenai Kelebihan dan Kekurangan Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery). Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon