Tuesday, March 24, 2015

Keunggulan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)

Keunggulan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) - Pada postingan kali ini, membumikan akan share mengenai keunggulan dan kelemhan dari strategi pembelajaran inkuiri atau yang sering disingkat SPI. Sudah dimaklumi bahwa setiap segala sesuatu pasti memiliki kelebihan (keunggulan) dan kekurangan (kelemahan), begitu juga dengan strategi pembelajaran inkuiri ini. Walaupun memiliki langkah-langkah dalam pembelajarannya berikut beberapa prinsip-prinsip dalam pembelajaran inkuiri tidak dapat dinafikan ada juga keunggulan dan kelemahannya. Oleh karena itu, membumikan pendidikan akan mengulas seputar keunggulan dan kelemahan strategi pembelajaran inkuiri ini. Dengan tujuan ketika kita mengetahui bagaimana keunggulan dan kelemahan strategi ini, sahabat-sahabat membumikan pendidikan bisa meminimalaisisr kelemahan strategi ini dengan membuat solusi-solusi efektif dalam implementasinya. Berikut uraian singkatnya:


Strategi Pembelajaran Inkuiri merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dianggap baru khususnya di Indonesia. Sebagai suatu strategi baru, dalam penerapan atau implementasinya terdapat beberapa kesulitan. Kesulitan-kesulitan tersebut adalah sebagai berikut:

Keunggulan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)
Kesulitan-Kesulitan Penerapan SPI
  • Strategi Pembelajaran Inkuiri merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses berpikir yang bersandarkan kepada dua sayap yang sama pentingnya, yaitu proses belajar dan hasil belajar.
  • Sejak lama tertanam dalam budaya belajar siswa bahwa belajar pada dasarnya adalah menerima materi pelajaran dari guru, dengan demikian bagi mereka guru adalah sumber belajar yang utama.
  • Berhubungan dengan sistem pendidikan kita yang dianggap tidak konsisten.

Keunggulan dan Kelemahan SPI

Adapun keunggulan dan kelemahan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) menurut Wina Sanjaya (2012: 208) adalah sebagai berikut:

Keunggulan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)

  • SPI merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara seimbang, sehingga pembelajaran melalui strategi ini dianggap lebih bermakna.
  • SPI dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka.
  • SPI merupakan strategi yang dianggap sesuai dengan perkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman.
  • Keuntungan lain adalah strategi pembelajaran ini dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata. Artinya, siswa yang memiliki kemampuan belajar bagus tidak akan terhambat oleh siswa yang lemah dalam belajar.

Kelemahan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)

  • Jika SPI digunakan sebagai strategi pembelajaran, maka akan sulit mengotrol kegiatan dan keberhasilan siswa.
  • Strategi ini sulit merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar.
  • Kadang-kadang dalam mengimplemetasikannya, memerlukan waktu yang panjang sehingga sering guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang telah ditentukan.
  • Selama kriteria keberhasilan belajar ditentukan oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, maka SPI akan sulit diimplementasikan oleh setiap guru.
Demikianlah uraian singkat mengenai keunggulan dan kelemahan strategi pembelajaran inkuiri (SPI). Semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menyiapkan strategi pembelajaran inkuiri yang akan sahabat-sahabat membumikan pendidikan implementasikan dalam membelajarkan anak-anak didiknya.

Advertisement

1 komentar:

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon