Prosedur Model Pembelajaran Mind Mapping - Postingan kali ini, Blog Pembelajaran masih akan mengangkat mengenai topik mind mapping dengan judul prosedur atau langkah-langkah model pembelajaran mind mapping. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

Mind mapping merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang digunakan melatih kemampuan menyajikan isi (content) materi pelajaran dengan pemetaan pikiran (mind mapping). Mind map dikembangkan oleh Tony Buzan (2002) sejak akhir tahun 1960-an sebagai cara untuk mendorong peserta didik mencatat hanya dengan menggunakan kata kunci dan gambar. Iwan Sugiarto (2004: 75) mengemukakan “pemetaan pikiran (mind mapping) adalah teknik meringkas bahan yang perlu dipelajari, dan memproyeksikan masalah yang dihadapi ke dalam bentuk peta atau teknik grafik sehingga lebih mudah memahaminya”. Kegiatan ini sebagai upaya yang dapat mengoptimalkan fungsi otak kiri dan kanan, yang kemudian dalam aplikasinya sangat membantu untuk memahami masalah dengan cepat karena telah terpetakan. Hasil mind mapping berupa mind map. 

Mind map adalah suatu diagram yang digunakan untuk merepresentasikan kata-kata, ide-ide, tugas-tugas, ataupun suatu yang lainnya yang dikaitkan dan disusun mengelilingi kata kunci ide utama.

Sebagai contoh lihat gambar mind mapping di bawah ini dimana misalnya kita mengambil kata kunci utamanya Buah-buahan:

Contoh Mind Mapping Buah-buahan
Contoh Mind Mapping Buah-buahan

Langkah-langkah Model Pembelajaran Mind Mapping

  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa. Permasalahan sebaiknya dipilih yang mempunyai banyak alternatif jawaban.
  • Peserta didik mengidentifikasi alternatif jawaban dalam bentuk peta pikiran atau diagram.
  • Beberapa peserta didik diberi kesempatan untuk menjelaskan ide pemetaan konsep berpikirnya.
  • Dari data hasil diskusi, peserta didik diminta membuat kesimpulan dan guru memberi peta konsep yang telah disediakan sebagai pembanding
Pembelajaran peta konsep dapat dilakukan dengan strategi pembelajaran kelompok maupun individu. Mata pelajaran yang berpotensi untuk menggunakan metode mind mapping adalah mata pelajaran yang banyak membutuhkan pemahaman konsep.

Contoh-contoh topik yang dapat dibuat mind mapping misalnya:
  • Penyebab banjir dan upaya mengatasinya
  • Faktor-faktor yang membentuk sikap dan karakter manusia
  • Rumus-rumus kimia yang terdapat pada bahan makanan
  • Proses terjadinya hujan, dsb
Sekian uraian mengenai model pembelajaran mind mapping. Semoga dapat bermanfaat dan dapat dipahami.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.