Saturday, December 20, 2014

Pengertian Model Pembelajaran Mind-Map

Pengertian Model Pembelajaran Mind-Map - Pada postingan kali ini, Blog Pembelajaran akan share tentang Mind Map. Mind map dalam pengertian Wikipedia adalah:
A mind map is a diagram used to visually organize information. A mind map is often created around a single concept, drawn as an image in the center of a blank landscape page, to which associated representations of ideas such as images, words and parts of words are added. Major ideas are connected directly to the central concept, and other ideas branch out from those.
Bahwa Mind-map merupakan usaha memvisualkan bagaimana informasi saling berkaitan dengan tidak menggunakan kata penghubung membentuk proposisi-proposisi bermakna pada suatu bidang study.
  • Contoh mind map:

Mind map merupakan salah satu metode mempelajari suatu konsep yang ditemukan oleh Tony Buzan. Konsep ini didasarkan oleh cara kerja otak kita menyimpan informasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa otak kita dapat menyimpan informasi dalam kotak-kotak sel saraf yang terjejer rapi melainkan dikumpulkan pada sel-sel saraf yang bercabang-cabang yang apabila dilihat sekilas akan tampak seperti cabang-cabang pohon. Dan fakta,apabila kita menyimpan informasi seperti cara kerja otak,akan semakin baik informasi tersimpan dalam otak dan akhirnya tentu saja proses belajar kita akan semakin mudah.

Menurut Buzan (2006: 4), mind map adalah alat pikir organisasional yang sangat hebat. Mind map adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar dan otak. Mind map adalah cara mencatat yang kreatif, efektif dan secara harfiah akan memetakan pikiran-pikiran kita..Semua mind map mempunyai kesamaan yaitu menggunakan warna dan memiliki struktur alami yang memancar dan pusat. Mind map juga menggunakan garis lengkung, simbol, kata dan gambar yang sesuai dengan satu rangkaian aturan yang sederhana, dasar, alami, dan sesuai dengan cara kerja otak.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa mind map (peta pikiran) adalah sebuah diagram yang terdiri dan sebuah ide utama di tengah dan selanjutnya bercabang ke anak ide lainnya. Setiap anak ide ini bisa bercabang lagi menjadi ide-ide yang lebih kecil dan demikian seterusnya.

Demikianlah uraian mengenai pengertian model pembelajaran mind map. Semoga dapat bermanfaat. Kalau ada kata-kata yang tidak sesuai silahkan berikan komentar sebagai penyempurna.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon