Sunday, December 28, 2014

Pengertian dan Pemilihan Media Pembelajaran

Pengertian dan Pemilihan Media Pembelajaran - Postingan kali ini, blog pembelajaran akan share tentang apakah pengertian media pembelajaran dan bagaimana pemilihan media pembelajaran sebelum disajikan kepada peserta didik. Sudah kita ketahui bahwa kata media berasal dari bahasa latin yaitu "medius" yang secara harfiah memiliki arti tengah, perantara atau pengantar. Dengan demikian media merupakan wahana penyalur informasi belajar dan penyalur pesan. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2002:1) mengemukakan bahwa media pengajaran sebagai alat  bantu mengajar.

Menurut Arief S. Sadiman (2006:7) media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang fikiran, perasaan, perhatian, dan kompetensi serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi. Sedangkan menurut Sudarwan Danim (1995:7) media pembelajaran merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik.

Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan seperangkat alat bantu yang dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh guru dalam menyampaikan materi kepada siswa atau peserta didik. Dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga mendorong terjadinya proses belajar mengajar.

Pemilihan Media Pembelajaran

Menurut Oemar Hamalik (1994: 7), beberapa faktor yang harus di perhatikan dalam pemilihan media antara lain:

Pengertian dan Pemilihan Media Pembelajaran
  • Rasional, artinya media pengajaran yang akan disajikan harus masuk akal dan mampu dipikirkan kita.
  • Ilmiah, artinya media yang digunakan sesuai dengan perkembangan akal dan ilmu pengetahuan.
  • Ekonomis, artinya dalam pembuatannya tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya atau sesuai dengan kemampuan pembiayaan yang ada.
  • Praktis dan efisien, artinya media tersebut mudah digunakan dan tepat dalam penggunaannya.
  • Fungsional, artinya media yang disajikan oleh guru dapat digunakan dengan jelas oleh siswa.
Dalam pemilihan media pembelajaran harus diperhatikan faktor-faktor serta kriteria pemilihan media agar sesuai dengan apa yang akan disampaikan.

Demikianlah uraian mengenai pengertian dan pemilihan media pembelajaran. Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon