Friday, December 26, 2014

Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) - Salah satu lagi macam model pembelajaran yang termasuk atau tergolog ke dalam model pembelajaran kooperatif  adalah model pembelajaran cooperative integrated reading and composition atau dalam dunia akademisi dikenal dengan model pembelajaran CIRC. Dan pada kesempatan kali ini, blog pembelajaran akan secara singkat menguraikan mengenai model pembelajaran tersebut. Simak uraiannya berikut ini.
Apa itu model pembelajaran CIRC?
Bagaimana langkah-langkah model pembelajaran CIRC?
Pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin yang terlintas dalam benak teman-teman pembaca blog pembelajaran yang budiman. Tapi jangan khawatir, blog pembelajaran akan secara singkat menguraikannya. Walaupun singkat tapi mudah-mudahan bisa membuka wawasan teman-teman blog pembelajaran yang budiman mengenai model pembelajaran ini. Ok, langsung saja.

Model Pembelajaran CIRC merupakan model yang komprehenship untuk pembelajaran membaca dan menulis paper. Model ini mengatur supaya peserta didik belajar atau bekerja dengan cara berpasangan. Peserta didik dibagi menjadi dua kelompok dan diberi tugas membaca secara terpisah, kemudian masing-masing anggota kelompok mengikhtisarkan bagian-bagian materi yang dibaca. Ketika satu kelompok sedang menyajikan paper hasil membacanya, maka kelompok lain bertugas sebagai pendengar. Kelompok pendengar bertugas untuk menyimak, membuat prediksi akhir cerita, menanggapi cerita, dan melengkapi bagian yang masih kurang, dan sebagainya.

Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Langkah-langkah Model Pembelajaran CIRC

  • Guru membagi peserta didik menjadi dua kelompok untuk berpasangan
  • Guru membagikan wacana/materi kepada tiap kelompok untuk dibaca dan membuat ringkasan
  • Guru menetapkan kelompok yang berperan sebagai penyaji dan kelompok yang berperan sebagai pendengar
  • Kelompok penyaji membacakan ringkasan bacaan selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasan. Sementara itu, kelompok pendengar: (a) menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap; (b) membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
  • Kelompok bertukar peran yaitu kelompok yang semula sebagai penyaji menjadi pendengar dan kelompok pendengar menjadi penyaji.
  • Menyimpulkan hasil diskusi bersama-sama
Demikianlah uraian model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon