Friday, December 19, 2014

Model Computer Supported Collaborative Learning (CSCL)

Model Computer Supported Collaborative Learning (CSCL) - Perkembangan yang sangat pesat dari penggunaan komputer dalam pendidikan dan perubahan penyampaian materi berbasis web, hal ini menyebabkan ketertarikan kepada pelaku pendidikan untuk menggunakan metode pembelajaran yang tidak tradisional dalam desain dan cara penyampaian materi. Model pembelajaran kolaboratif dicobakan dan ditemukan berhasil pada akhir abad 18 oleh George Jardine di Universitas Glasgow. Ia berpendapat bahwa guru seharusnya merubah aktivitasnya di kelas, dan seharusnya memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar satu sama lainnya (Gaillet dalam Robert, 2005).

CSCL menawarkan suatu inovasi dan kelebihan dari penggunaan teknologi komputer dalam model pembelajaran Teknologi dipandang sebagai cara untuk mengotomatisasi pembelajaran dan dapat menghemat biaya, tanpa merubah sudut pandang pembelajaran tradisional sebagai transfer ilmu dari sumber yang berwenang kepada ingatan siswa yang relatif pasif. CSCL menggunakan media yang berbeda dari cara tradisional untuk membuat pengalaman belajar baru bagi siswa, dimana siswa dapat berinteraksi satu sama lain dalam suatu struktur pembelajaran yang didesain oleh guru untuk menciptakan situasi eksplorasi dan diskusi (Stahl, 2009).

Model Computer Supported Collaborative Learning (CSCL)

Teknologi komputer pada saat sekarang memungkinkan kepada individu-individu yang berada pada lokasi yang berjauhan untuk berkolaborasi secara online. Penggunaan alat ini semakin meningkat, contoh yang nyata adalah banyaknya peminat game online yang memungkinkan para pemain pada lokasi berbeda bekerja sama atau saling bertanding dalam sebuah permainan online. Penggunaan dalam dunia pendidikan juga dimungkinkan untuk dikembangkan, meski merupakan sesuatu yang baru, namun seiring merebaknya penggunaan internet maka model pembelajaran secara online ini dapat digunakan secara efektif.

Pengertian Model Computer Supported Collaborative Learning (CSCL)

Computer Support Collaborative Learning (CSCL) adalah sebuah model pembelajaran yang membawakan keuntungan dari model pembelajaran kolaboratif dan kooperatif untuk pelaku pembelajar yang terlokalisasi dengan sebuah jaringan komputer. Tujuan dari CSCL adalah memberikan bimbingan atau dukungan kepada siswa dalam belajar bersama secara efektif. CSCL mendorong pembelajar untuk mengkomunikasikan ide dan informasi, mengkolaborasi akses informasi dan dokumen, serta memungkinkan pembelajar memberikan feedback selama aktivitas pembelajaran. Selain itu, CSCL mendorong dan memfasilitasi proses pengelompokan dan dinamika kelompok yang tidak memungkinkan untuk berkomunikasi dengan tatap muka langsung.

Demikianlah uraian mengenai model pembelajaran Computer Supported Collaborative Learning (CSCL). Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon