Friday, December 19, 2014

Kelebihan Model Computer Supported Collaborative Learning (CSCL)

Kelebihan Model Computer Supported Collaborative Learning (CSCL) - Pada postingan kali ini, blog Pembelajaran masih akan share tentang pembelajaran kolaboratif yakni mengenai kelebihan dari model computer supported collaborative learning atau CSCL. Setelah sebelumnya telah diuraikan tentang model computer supported collaborative learning. Tentunya setiap model pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangannya. Maka pada kesempatan kali ini, blog Pembelajaran akan share mengenai kelebihan atau manfaat dari model computer supported collaborative learning (CSCL) ini. Uraiannya sebagai berikut.

Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh model pembelajaran CSCL. Relevan dengan yang dikemukakan Vygotsky yang menganut paham sosial konstruktivisme, bahwa sangat penting adanya interaksi efektif yang terjadi selama proses pembelajaran. Model CSCL jika diimplementasikan dengan baik akan memberikan situasi atau lingkungan ideal bagi siswa untuk berperan aktif selama proses pembelajaran. Panitz dalam Robert (2005) mengungkapkan manfaat dari model CSCL dilihat dari akademik, sosial dan psikologi.

Manfaat Pembelajaran Kolaboratif

Manfaat akademik yang dapat diperoleh dengan pembelajaran kolaboratif, yaitu:
  • Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
  • Keterlibatan secara aktif oleh siswa selama proses pembelajaran
  • Meningkatkan hasil belajar
  • Merupakan model pemecahan masalah bagi siswa
Manfaat yang dapat diperoleh dilihat dari sisi sosial dengan pembelajaran kolaboratif, yaitu:
  • Menumbuhkan sikap sosial siswa
  • Membangun kebersamaan dan memahami perbedaan antar siswa
  • Membentuk suasana positif dalam kebersamaan dan saling membantu diantara siswa
Manfaat yang dapat diperoleh dilihat dari sisi psikologis yaitu:
  • Meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri siswa
  • Mengembangkan sikap positif terhadap guru

Kelebihan Model Computer Supported Collaborative Learning (CSCL)

Selain yang dikemukakan oleh Panitz, masih banyak yang kelebihan dari CSCL. Secara umum model CSCL tidak memerlukan adanya ruangan kelas sebagai sesuatu yang utama. Siswa tidak wajib hadir pada waktu reguler atau ketinggalan sesi pembelajaran tidak menjadi masalah karena siswa dapat mempelajari pada saat atau waktu yang berbeda. Dialog atau diskusi dapat dilakukan kapan saja, tidak mengenal waktu, karena dimungkinkan ide-ide muncul kapan saja. Opini tidak dibatasi oleh gender, ras atau keadaan fisik seseorang, karena proses pembelajaran tidak perlu langsung bertatap muka.

Demikianlah uraian mengenai kelebihan dari model pembelajaran Computer Supported Collaborative Learning (CSCL). Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon