Monday, December 22, 2014

Cara Pembuatan Mind Map dalam Pembelajaran

Cara Pembuatan Mind Map dalam Pembelajaran - Karena pembuatan mind map sangat mudah dan alami, maka bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat mind map juga sangat sedikit diantaranya yaitu:
Kertas kosong tak bergaris
Pena dan pensil warna
Otak dan imajinasi
Menurut Buzan (2006:15) ada tujuh langkah yang sama ditempuh dalam pembuatan mind map. Ketujuh langkah yaitu:
  • Mulailah dan bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya diletakkan mendatar, karena memulai dan tengah memberi kebebasan kepada otak untuk menyebar ke segala arah dan untuk mengungkapkan dirinya dengan lebih bebas dan alami.
  • Gunakan gambar atau foto untuk ide sentral anda, karena sebuah gambar bermakna seribu kata dan membantu kita menggunakan imajinasi. Sebuah gambar sentral akan lebih menanik, membantu kita tetap terfokus, membantu kita berkonsentrasi dan mengaktifkan otak kita.
  • Gunakan warna, karena bagi otak warna sama menariknya dengan gambar, warna membuat mind map lebih hidup, menambah energi kepada pemikiran kreatif dan menyenangkan.
Berdasarkan penelitian bahwa warna bisa menggairahkan dan menenangkan kita. Kita menyukai warna karena warna itu alamiah dan lebih menarik dan pada dunia buatan yang hitam-putih (Wycoff, 2005 : 77). Menurut Wycoff (2005 : 77) menambahkan warna pada mind map adalah langkah maju yang alami. Warna dapat digunakan dalam beberapa cara:
  1. Penataan, warna bisa digunakan untuk menyoroti wilayah-wilayah berbeda pada mind map untuk menata informasi menjadi beberapa wilayah bahasan terpisah.
  2. Urun rembuk, setelah sesi awal urun rembuk, anda mungkin ingin kembali dan menyoroti gagasan dengan warna lain untuk urun rembuk berikutnya, atau untuk memilih poin-poin kunci. Ada kelompok memberikan warna berlainan pada setiap pesertanya agar sumbangan pikirannya bisa segera dikenali.
  3. Presentasi, informasi yang dipresentasikan dalam wilayah yang ditandai dengan warna lebih mudah diingat.
  4. Aliran gagasan, jika energi anda menurun, atau gagasan anda terhenti selagi memetakan pikiran, mengubah warna kadang-kadang dapat membantu dimulainya saluran pikiran lain.
  • Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tiga ke tingkat satu dan dua, dan seterusnya. Karena otak bekerja menurut asosiasi. Otak senang mengaitkan dua (atau tiga, atau empat) hal sekaligus. Bila kita menghubungkan cabang-cabang, kita akan lebih mudah mengerti dan mengingat.
  • Buatlah garis hubung yang melengkung, bukan garis lurus karena garis lurus akan membosankan otak.
  • Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis, karena kata kunci tunggal memberi lebih banyak data dan fleksibilitas kepada mind map. Setiap kata tunggal atau gambar adalah seperti pengganda, menghasilkan sederet asosiasi dan hubungannya sendiri. Bila kita menggunakan kata tunggal, setiap kata ini akan pergi bebas karenanya lebih bisa memicu ide dan pikiran baru. Kalimat atau ungkapan cenderung menghambat efek ini.
Hal ini juga diungkapkan oleh Wycoff (2005: 71) bahwa yang dimaksud dengan kata kunci adalah kata benda dengan kata kerja yang mengandung banyak makna. Letakkan kata saja pada garis, karena hal itu akan memungkinkan asosiasi dengan kata tersebut lebih banyak. Sebaiknya ditulis dengan menggunakan huruf cetak karena akan terjadi gambaran visual dalam pikiran dan lebih mudah dibaca.
  • Gunakan gambar, karena seperti gambar sentral, setiap gambar bermakna seribu kata.
Cara Pembuatan Mind Map dalam Pembelajaran
Gambar. Contoh mind map

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan mind map yaitu:
  1. Pastikan tema utama terletak di tengah-tengah
  2. Tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.
  3. Hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna atau spidol
  4. Gunakan huruf besar, huruf besar akan mendorong kita untuk hanya menuliskan poin-poin penting saja.
Dari uraian di atas belajar mind-map adalah belajar serangkaian arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai atribut yang sama, untuk memperoleh prestasi dibutuhkan kemudahan dalam belajar yang disebabkan oleh tingkat intelegensi yang tinggi, yang terbentuk oleh ikatan-ikatan syaraf atau rangsangan dan respon yang mendapat penguatan, karena mengajar membawa perubahan pada individu yang mengalaminya. Seseorang atau individu yang telah banyak belajar akan lebih banyak mengetahui segala sesuatu yang dipelajarinya, sehingga orang yang telah belajar tidak sama dengan orang yang tidak belajar, artinya yang telah belajar lebih banyak tahu segala hal dibandingkan dengan yang tidak belajar yang tetap dalam kebodohan.

Peta pikiran ini sebenarnya bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk membuat catatan tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk merekam pola pikiran ke dalam bentuk tertulis. Tulisan yang dibuat tidak berupa tulisan tetapi digambarkan menyerupai jejaring. Semoga bermanfaat.

Advertisement

2 komentar

assalamualaikum...mbak aku boleh tanya referensinya buku apa ya UntUk prosedure mengajar mind mappIng

Wa'alaikumussalam... Sumbernya, Tony Buzan, 2006, Buku Pintar Mind Map (terj. Susi Purwoko), PT. Gramedia, Jakarta. Kalau judul aslinya "The Ultimate Book of Mind Maps".

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon