Monday, September 22, 2014

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif

Model Pembelajaran Kooperatif - Pada postingan kali ini, situs Dunia Pembelajaran akan mencoba share mengenai pengertian model pembelajaran kooperatif. Sudah menjadi maklum bahwa dalam kegiatan belajar mengajar seorang pendidik harus jeli dalam memilih sampai pada cerdas dalam menyusun suatu model pembelajaran. Hal ini bertujuan, agar materi pelajaran yang akan pendidik sampaikan dapat dengan mudah diserap dan ditangkap oleh peserta didik atau siswa. Dan salah satu model pembelajaran yang sering pendidik gunakan adalah model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif ini bagi seorang guru mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari karena seringnya diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas. Lalu apa sebenarnya pengertian pembelajaran kooperatif ini? Berikut situs Dunia Pembelajaran akan mengulasnya.

Baca juga: Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif


Pengertian Pembelajaran Kooperatif

Model pembelajaran kooperatif dikembangkan berdasarkan teori belajar konstruktivis. Hal ini terlihat pada salah satu teori Vygotsky, yaitu penekanan pada hakikat sosiokultural dari pembelajaran, Vigotsky yakin bahwa fungsi mental yang lebih tinggi pada umumnya muncul dalam diskusi atau kerjasama antar individu sebelum fungsi mental yang lebih tinggi itu terserap ke dalam individu. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran dimana pebelajar yang memiliki tingkat kemampuan berbeda belajar bersama dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen. Dalam menyelesaikan tugas kelompok, setiap anggota saling bekerjasama dan membantu untuk memahami suatu bahan pembelajaran. Belajar belum selesai jika salah satu teman dalam kelompok belum menguasai bahan pembelajaran yang diberikan.
Cooperative mengandung pengertian bekerja bersama dalam mencapai tujuan bersama. Dalam kegiatan kooperatif terjadi pencapaian tujuan secara bersama-sama yang sifatnya merata dan menguntungkan setiap anggota kelomponya. Pengertian pembelajaran kooperatif adalah pemanfaatan kelompok kecil dalam proses pembelajaran yang memungkinkan kerja sama dalam menuntaskan permasalahan.
Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif
Sehubungan denga pengertian tersebut, Slavin (1984) menyatakan bahwa Cooperative Learning adalah suatu model pembelajaran dimana pebelajar belajar dan bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari 4 (empat) sampai 6 (enam) orang, dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen. Selanjutnya dikatakan pula, keberhasilan belajar dari kelompok tergantung pada kemampuan dan aktivitas anggota kelompok, baik secara individual maupun secara kelompok.

Baca juga: Langkah-Langkah Model Cooperative Learning

Pada dasarnya cooperative learning mengandung pengertian sebagai suatu sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam sruktur kerja sama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih dimana keberhasilan kerja sangat dipengaruhi oleh keterlibatan dari setiap anggoita kelompok itu sendiri. Cooperative  Learning  juga  dapat  diartikan  sebagai  suatu  struktur  tugas  bersama  dalam suasana kebersamaan di antara sesama anggota kelompok.

Demikianlah sekilas ulasan tentang pengertian model pembelajaran kooperatif. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan keilmuan teman-teman pendidik dalam memaknai pembelajaran kooperatif.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon