Thursday, October 16, 2014

Metode Pembelajaran Kontruktivisme

Metode Pembelajaran Kontruktivisme - Pada kesempatan kali ini, situs Dunia Pembelajaran akan share tentang Metode Pembelajaran Konstruktivisme. Bahwa di dalam masing-masing tahap pembelajaran konstruktivisme pada postingan-postingan sebelumnya, tentu saja terdapat berbagai metode. Di bawah ini situs Dunia Pembelajaran mencoba mengulas metode-metode dalam pembelajaran konstruktivisme yang sering dipakai.

Baca juga: Prosedur Pembelajaran Konstruktivisme


Metode Pembelajaran Konstruktivisme

  1. Metode "sindikat" sangat cocok untuk topik yang dapat dipelajari sendiri oleh pebelajar. Mereka bekerja dalam kelompok, masing-masing anggota mempelajari satu aspek masalah secara mendalam sebelum bertemu dengan anggota lain dalam sindikatnya, memecahkan masalah secara bersama-sama secara intensif
  2. Pembelajaran kelompok kecil biasanya terdiri dari 4-6 pebelajar; mereka saling mengemukakan pendapatnya tentang suatu masalah sebelum akhirnya mengambil kesimpulan. Beberapa pebelajar kurang berani berbicara dalam kelompok seukuran itu.
  3. Sebagai jalan keluarya pembelajar perlu sekali-sekali membentuk "triad", yaitu kelompok yang hanya terdiri dari tiga orang. Dengan kelompok kecil itu mau tidak mau pebelajar akan berani berbicara.
  4. "Praktikum" tidak selalu berlangsung di laboratorium dengan menggunakan alat-alat yang canggih, melainkan bisa juga berlangsung di alam sekitar dan masyarakat.

Kegiatan praktikum hendaknya diarahkan untuk membekali pebelajar dengan:
  • keterampilan praktikum dasar
  • pengenalan alat-alat dan teknik pengukuran standar
  • keterampilan melakukan pengamatan
  • intrepretasikan data
  • penulisan laporan
  • keterampilan merencanakan percobaan
  • minat terhadap ilmu

Berikut gambaran penerapan metode pada setiap tahap pembelajaran konstruktivisme:
Penerapan metode pembelajaran konstruktivisme
Gambar Penerapan metode pembelajaran konstruktivisme
Demikianlah ulasan mengenai metode dalam pembelajaran konstruktivisme, semoga dapat bermanfaat dan bisa membantu dalam menyusun metode-metode yang tepat dalam pembelajaran.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon