Tuesday, October 14, 2014

Kompetensi yang Dikembangkan dalam Pembelajaran Kontruktivisme

Pembelajaran Kontruktivisme - Pada postingan kali ini situs Dunia Pembelajaran akan share tentang konpetensi-kompetensi apa yang dikembangkan dalam pembelajaran konstruktivisme. Dimana sebelumnya telah diuraikan mengenai pendekatan dan prosedur dalam pembelajaran konstruktivisme. Tentang hal tersebut pembaca yang budiman bisa baca postingan:


Kompetensi dalam Pembelajaran Konstruktivisme

Kembali ke postingan tentang kompetensi yang dikembangkan dalam pembelajaran konsruktivisme, bahwa di samping kompetensi disiplin ilmu (discipline-based competencies), pembelajaran konstruktivis juga mengembangkan kompetensi interpersonal (interpersonal competencies) dan kompetensi intrapersonal (intrapersonal competencies) dalam diri pebelajar.
  • Kompetensi disiplin ilmu berkaitan dengan peman konsep, prinsip, teori dan hukum dalam disiplin ilmu masing-masing.
  • Kompetensi interpersonal mencakup kemampuan berkomuniksi, berkolaborasi, berperilaku sopan dan baik, menangani konflik, bekerja sama, membantu orang lain, dan menjalin hubungan dengan orang lain.
  • Kompetensi intrapersonal mencakup apresiasi terhadap keanekaragaman, melakukan refleksi diri, disiplin, beretos kerja tinggi, membiasakan diri hidup sehat, mengendalikan emosi, tekun, mandiri, dan mempunyai motivasi intrinsik.
Kompetensi yang Dikembangkan dalam Pembelajaran Kontruktivisme
Keempat lingkaran di atas saling bersinggungan bagian tepinya sehingga manakala lingkaran pembelajaran  menggelinding  ketiga  lingkaran  lainnya  akan  ikut menggelinding, seperti disajikan dalam diagram di atas.

Lingkaran pembelajaran yang terintegrasi dengan tiga kompetensi itu seiring dengan dimensi-dimensi konstruktivisme pada. Pada saat mengkonstruksi pengetahuan dalam konteks sosiokultural kompetensi interpersonal pebelajar akan berkembang secara alami. Pada saat mengkonstruksi pengetahuan secara aktif (sebagai aktor) kompetensi intrapersonal pebelajar akan terfasilitasi secara optimal.

Demikianlah uraian singkat mengenai Kompetensi yang Dikembangkan dalam Pembelajaran Kontruktivisme. Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon