Wednesday, October 1, 2014

Kegiatan Pembelajaran Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif

Kegiatan Pembelajaran Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif - Pada kesempatan kali ini, situs Dunia Pembelajaran akan share mengenai kegiatan pembelajaran model pembelajaran kreatif dan produktif. Pada dasarnya, kegiatan pembelajaran dibagi menjadi empat langkah, yaitu:
  • orientasi,
  • eksplorasi,
  • interpretasi, dan
  • rekreasi.


Langkah-Langkah Pembelajaran Kreatif dan Produktif

Setiap langkah dapat dikembangkan lebih lanjut oleh para pembelajar, dengan berpegang pada hakikat setiap langkah, sebagai berikut:
  • Orientasi
Sebagaimana halnya dalam setiap pembelajaran, kegiatan pembelajaran diawali dengan orientasi untuk mengkomunikasikan dan menyepakati tugas dan langkah pembelajaran. Pembelajar mengkomunikasikan tujuan, materi, waktu, langkah, hasil akhir yang diharapkan dari pebelajar, serta penilaian yang akan diterapkan pada mata pelajaran yang akan berjalan. Pada kesempatan ini pebelajar diberi kesempatan untuk mengungkapkan pendapatnya tentang langkah/cara kerja serta hasil penilaian yang ditawarkan oleh pembelajar, dan diharapkan terjadinya negosiasi tentang aspek-aspek tersebut.
  • Eksplorasi
Kegiatan Pembelajaran Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif
Pada tahap ini, pebelajar melakukan eksplorasi terhadap masalah/konsep yang akan dikaji. Eskplorasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membaca, melakukan observasi, wawancara, menonton suatu pertunjukan, melakukan percobaan, browsing lewat internet, dan sebagainya. Kegiatan ini dapat dilakukan baik secara individual maupun kelompok. Waktu untuk eksplorasi disesuaikan dengan luasnya bidang yang harus dieksplorasi. Eksplorasi yang memerlukan waktu lama dilakukan di luar jam kuliah, sedangkan eksplorasi yang singkat dapat dilakukan pada jam kuliah. Agar eksplorasi menjadi terarah, panduan singkat sebaiknya disiapkan oleh pembelajar. Panduan harus memuat tujuan, materi, waktu, cara kerja, serta hasil akhir yang diharapkan.
  • Interpretasi
Dalam tahap Interpretasi, hasil eksplorasi diinterpretasikan melalui kegiatan analisis, diskusi, tanya jawab, atau bahkan berupa percobaan kembali, jika hal itu memang diperlukan. Interpretasi sebaiknya dilakukan pada jam tatap muka, meskipun persiapannya sudah dilakukan oleh pebelajar di luar jam tatap muka. Jika eksplorasi dilakukan oleh kelompok, setiap kelompok menyajikan hasil interpretasinya tersebut di depan kelas dengan caranya masing-masing, diikuti oleh tanggapan dari mahasiswa lain. Pada akhir tahap interpretasi, diharapkan semua pebelajar sudah memahami konsep/topik/masalah yang dikaji.
  • Re-Kreasi
Pada tahap rekreasi, pebelajar ditugaskan untuk menghasilkan sesuatu yang mencerminkan hasil interpretasinya terhadap konsep/topik/masalah yang dikaji menurut kreasinya masing-masing. Rekreasi dapat dilakukan secara individual atau kelompok sesuai dengan pilihan pebelajar. Hasil rekreasi merupakan produk kreatif yang dapat dipresentasikan, dipajang, atau ditindaklanjuti.

Sekian, semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon