Tuesday, August 26, 2014

Tahapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS

Tahapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS - Setelah pada postingan sebelumnya situs Dunia Pembelajaran telah share apa itu model Pembelajaran kooperatif tipe TPS. Maka pada postingan kali ini, situs Dun ia Pembelajaran akan share bagaimana tahapan-tahapan dalam model pembelajarannya. Langsung saja menuju ke TKP.

Baca juga: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS
Tahapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS

Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS

Tahap utama dalam pembelajaran Think-Pair-Share menurut Ibrahim (2000:  26-27) sebagai berikut:
Tahap 1 : Think  (berpikir)
Guru mengajukan pertanyaan atau isu yang berhubungan dengan pelajaran. Kemudian siswa diminta untuk memikirkan pertanyaan atau isu tersebut secara mandiri untuk beberapa saat.
Tahap 2 : Pairing
Guru meminta siswa berpasangan dengan siswa lain untuk mendiskusikan apa yang telah dipikirkannya pada tahap pertama. Dalam tahap ini, setiap anggota pada kelompok membandingkan jawaban atau hasil pemikiran mereka dengan mendefinisikan jawaban yang dianggap paling benar, paling meyakinkan, atau paling unik. Biasanya guru memberi waktu 4-5 menit untuk berpasangan.
Tahap 3 : Share  (berbagi)
Pada tahap akhir, guru meminta kepada pasangan untuk berbagi dengan seluruh kelas tentang apa yang telah mereka bicarakan. Keterampilan berbagi dalam seluruh kelas dapat dilakukan dengan menunjuk pasangan yang secara sukarela bersedia melaporkan hasil kerja kelompoknya atau bergiliran pasangan demi pasangan hingga sekitar seperempat pasangan telah mendapat kesempatan untuk melaporkan.
Sementara dalam redaksi yang lain, menurut Muslimin (Rosmiani, 2009: 26) menyatakan bahwa, langkah-langkah Think-Pair-Share ada tiga yaitu: Berpikir (Thinking), berpasangan (Pair), dan berbagi (Share).
  • Tahap 1 : Thinking (berpikir)
Kegiatan pertama dalam Think-Pair-Share yakni guru mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan topik pelajaran. Kemudian siswa diminta untuk memikirkan pertanyaan tersebut secara untuk beberapa saat. Dalam tahap ini siswa dituntut lebih mandiri dalam mengolah informasi yang dia dapat.
  • Tahap 2 : Pairing (berpasangan)
Pada tahap ini guru meminta siswa duduk berpasangan dengan siswa lain untuk mendiskusikan apa yang telah difikirkannya pada tahap pertama. Interaksi pada tahap ini diharapkan dapat membagi jawaban dengan pasangannya. Biasanya guru memberikan waktu 4-5 menit untuk berpasangan.
  • Tahap 3 : Share (berbagi)
Pada tahap akhir guru meminta kepada pasangan untuk berbagi jawaban dengan seluruh kelas tentang apa yang telah mereka diskusikan. Ini efektif dilakukan dengan cara bergiliran pasangan demi pasangan dan dilanjutkan sampai sekitar seperempat pasangan telah mendapat kesempatan untuk melaporkan.

Demikianlah uraian mengenai tahapan atau langkah-langkah dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS. Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon