Friday, August 29, 2014

Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)

Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) - Pada postingan kali ini, situs Dunia Pembelajaran akan share mengenai model pembelajaran numbered heads together. Model pembelajaran numbered heads together (NHT) ini termasuk ke dalam rumpun model pembelajaran kooperatif selain model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, model pembelajaran kooperatif tipe TAI, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan lain sebagainya, Langsung saja berikut ulasan ringkas dan jelas mengenai model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together.

Baca juga:


Pengertian Pembelajaran NHT

Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) merupakan model pembelajaran diskusi kelompok yang dilakukan dengan cara  memberi  nomor  kepada  semua peserta didik dan kuis/tugas untuk didiskusikan jawaban atau pemecahan yang benar di dalam kelompoknya. Kelompok memastikan setiap anggota kelompok dapat mengerjakannya. Guru memanggil nomor secara acak untuk melaporkan hasil diskusinya di depan kelas. Peserta didik dari kelompok lain memberi tanggapan kepada peserta didik yang sedang melaporkan. Setelah satu peserta didik selesai melapor kemudian dilanjutkan dengan nomor peserta didik dari kelompok yang lain.
Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)

Langkah-langkah Model Learning Together (NHT)

  • Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap anggota kelompok mendapat nomor
  • Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
  • Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
  • Guru memanggil salah satu nomor peserta didik secara acak untuk melaporkan hasil kerjasama mereka
  • Peserta didik lain memberi tanggapan kepada peserta didik yang sedang melapor
  • Guru menunjuk nomor yang lain secara bergantian

Demikianlah uraian singkat model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan keilmuan teman-teman.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon