Thursday, August 28, 2014

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together

Pembelajaran Learning Together - Pada postingan kali ini, situs Dunia Pembelajaran akan mencoba share mengenai salah satu pembelajaran kooperatif tipe learning together. Dilihat dari pengertian secara bahasa saja teman-teman mungkin sudah mengetahui bagaimana pembelajaran ini. Learning together, pembelajaran bersama atau belajar kelompok. Sebagai salah satu pembelajaran kooperatif, pembelajaran ini sangat tepat diaplikasikan dan mungkin sering digunakan. Karena mampu menjangkau semua tingkat kompetensi siswa. Untuk lebih jelas berikut ulasannya.


Pengertian Pembelajaran Learning Together

Model Learning together merupakan model pembelajaran kooperatif yang dilakukan dengan cara mengelompokkan peserta didik yang berbeda tingkat kemampuan dalam satu organisasi (Johnson and Johnson, 1994). Masing-masing tim diberi tugas atau projek untuk diselesaikan bersama. Masing-masing anggota tim mengambil bagian bagian projek yang sesuai dengan minat dan kemampuannya.
Tujuan yang diharapkan dari pembelajaran ini adalah peserta didik diberi kesempatan maksimal untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam sebuah projek. Masing-masing tim bertanggung jawab untuk mengumpulkan materi dan informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas atau proyeknya. Penilaian akhir berdasarkan atas kualitas kinerja tim. Masing-masing peserta didik dalam tim memperoleh nilai yang sama. Tim harus berusaha supaya anggota tim memiliki konstribusi pada kesuksesan timnya.

Baca juga: Model Kooperatif tipe Pembagian Pencapaian Tim Siswa
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together

Langkah-langkah Model Learning Together

  • Guru memberi projek untuk dikerjakan bersama oleh tiap-tiap kelompok
  • Kelompok membagi tugas kepada semua anggota sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
  • Masing-masing anggota kelompok bekerja sesuai dengan tanggung jawabnya untuk mencapai tujuan bersama sehingga apabila ada anggota yang kesulitan, maka anggota lain wajib membantu.
  • Nilai diperoleh berdasarkan hasil kerja kelompok

Contoh projek yang yang dapat memfasilitasi model learning together misalnya:
  • Praktik membuka usaha jasa salon: setiap anggota memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda misalnya ada yang bertugas menggunting rambut, mengeramas dan mengeringkan rambut, mencari pelanggan, meyiapkan dan membersihkan alat-alat, dsb.
  • Projek menyiapkan hidangan pesta: masing-masing anggota ada  yang bertugas belanja, memasak, menghias ruangan,  menata hidangan, dan melayani tamu.
  • Menulis karya ilmiah: masing-masing anggota kelompok ada yang bertugas mencari referensi, mengumpulkan data, mengolah data dan menyusun laporan karya ilmiah.

Demikianlah uraian mengenai model pembelajaran kooperatif tipe learning together. Semoga dapat bermanfaat dan bisa diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon