Monday, August 25, 2014

Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI

Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI - Pada postingan kali ini, situs Dunia Pembelajaran akan mencoba share mengenai langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Setelah pada postingan sebelumnya situs Dunia Pembelajaran telah share pengertian dan komponen-komponen dari model pembelajaran tersebut. Maka kesempatan kali ini giliran bagaimana langkah-langkah dari model pembelajaran tersebut. Bahwa perlu diketahui, pembelajaran kooperatif tipe TAI atau Team Assited Individualization atau Team Accelarated Instruction ini dikembangkan oleh Slavin. Tipe ini mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual. Tipe ini dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual.

Baca juga: Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI
Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI
Oleh karena itu, kegiatan pembelajarannya lebih banyak digunakan untuk pemecahan masalah, ciri khas pada tipe TAI ini adalah setiap siswa secara individual belajar materi pembelajaran yang sudah dipersiapkan oleh guru. Hasil belajar individual dibawa ke kelompok-kelompok untuk didiskusikan dan saling dibahas oleh anggota kelompok, dan semua anggota kelompok bertanggung jawab atas keseluruhan jawaban sebagai tanggung jawab bersama.

Baca juga: Komponen-Komponen Model Pembelajaran TAI

Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI

Adapun Langkah-langkah dari model pembelajaran kooperatif tipe TAI adalah sebagai berikut:
  • Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi pembelajaran secara individual yang sudah dipersiapkan oleh guru.
  • Guru memberikan kuis secara individual kepada siswa untuk mendapatkan skor dasar atau skor awal.
  • Guru membentuk beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda baik tingkat kemampuan (tinggi, sedang dan rendah). Jika mungkin anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta kesetaraan jender.
  • Hasil belajar siswa secara individual didiskusikan dalam kelompok. Dalam diskusi kelompok, setiap anggota kelompok saling memeriksa jawaban teman satu kelompok.
  • Guru memfasilitasi siswa dalam membuat rangkuman, mengarahkan, dan memberikan penegasan pada materi pembelajaran yang telah dipelajari.
  • Guru memberikan kuis kepada siswa secara individual.
  • Guru memberi penghargaan pada kelompok berdasarkan perolehan nilai peningkatan hasil belajar individual dari skor dasar ke skor kuis berikutnya (terkini).

Demikianlah uraian mengenai langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TAI. Semoga dapat bermanfaat dan bisa diimplementasikan dalam pembelajaran.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon