Thursday, September 4, 2014

Definisi dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran CPS

Definisi dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran CPS - Pada postingan kali ini, situs Dunia Pembelajaran akan mengulas secara ringkas perihal pembelajaran creative problem solving. Model Pembelajaran Creative Problem Solving atau CPS adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada ketrampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan kreatifitas. Ketika dihadapkan dengan situasi pertanyaan, siswa dapat melakukan keterampilan memecahkan masalah untuk memilih dan mengembangkan tanggapannya. Tidak hanya dengan cara menghafal tanpa dipikir, keterampilan memecahkan masalah memperluas proses berpikir.



Ada banyak kegiatan yang melibatkan kreatifitas dalam pemecahan masalah seperti riset dokumen, pengamatan terhadap lingkungan sekitar, kegiatan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, dan penulisan yang kreatif. Dengan CPS, siswa dapat memilih dan mengembangkan ide dan pemikirannya. Berbeda dengan hafalan yang sedikit menggunakan pemikiran, CPS memperluas proses berpikir.



Langkah-langkah Pembelajaran Creative Problem Solving

Definisi dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran CPS
Langkah-langkah Creative Problem Solving dalam pembelajaran sebagai berikut.
  • Klarifikasi masalah. Klarifikasi masalah meliputi pemberian penjelasan kepada siswa tentang masalah yang diajukan, agar siswa dapat memahami tentang penyelesaian yang diharapkan.
  • Pengungkapan gagasan. Siswa dibebaskan untuk mengungkapkan gagasan tentang berbagai macam strategi penyelesaian masalah.
  • Evaluasi dan seleksi. Setiap kelompok mendiskusikan pendapat-pendapat atau strategi-strategi yang cocok untuk menyelesaikan masalah.
  • Implementasi. Siswa menentukan strategi yang dapat diambil untuk menyelesaikan masalah, kemudian menerapkannya sampai menemukan penyelesaian dari masalah tersebut. Dengan membiasakan siswa menggunakan langkah-langkah yang kreatif dalam memecahkan masalah, diharapkan dapat membantu siswa untuk mengatasi kesulitan dalam belajar.

Kelebihan dan Kekurangan Creative Problem Solving

Kelebihan dari Creative Problem Solving adalah siswa dilatih untuk mampu :
  • Menyatakan urutan langkah-langkah pemecahan masalah.
  • Menemukan kemungkinan-kemungkinan strategi pemecahan masalah.
  • Mengevaluasi dan menyeleksi kemungkinan-kemungkinan tersebut kaitannya dengan kriteria-kriteria yang ada.
  • Memilih suatu pilihan solusi yang optimal.
  • Mengembangkan ide dan pemikirannya.
Kekurangan model Creative Problem Solving:
  • Tidak semua siswa yang dapat mengembangkan ide dan pemikirannya.
  • Lebih cocok untuk siswa yang mandiri dan aktif.

Demikianlah uraian mengenai model pembelajaran creative problem solving (CPS) berikut dengan langkah-langkah dan kelebihan dan kekurangannya dalam model tersebut. Semoga dapat bermanfaat dan bisa diimplementasikan dalam pembelajaran.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon