Thursday, June 5, 2014

Pengertian dan Unsur Dasar Model Pembelajaran

Pengertian Model Pembelajaran - Pada postingan kali ini, Dunia Pembelajaran akan share mengenai pengertian dan unsur dasar dari model pembelajaran. Sudah kita semua ketahui bahwa dalam proses pembelajaran dikenal istilah model pembelajaran. Menurut Sudrajat (2008), model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Lalu bagaimana menurut ahli yang lain mendefinisikan model pembelajaran tersebut? Berikut pengertian model pembelajaran menurut para ahli.

Model Pembelajaran Menurut Ahli

Gunter et al (1990) mendefinisikan;
an instructional model is a step-by-step procedure that leads to specific learning outcomes.
Joyce & Weil (1980) mendefinisikan model pembelajaran sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pembelajaran. Dengan demikian, model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Jadi model pembelajaran cenderung preskriptif, yang relatif sulit dibedakan dengan strategi pembelajaran.
An instructional strategy is a method for delivering  instruction  that  is  intended  to  help  students  achieve  a  learning objective (Burden & Byrd, 1999).

Unsur Dasar Model Pembelajaran

Pengertian dan Unsur Dasar Model Pembelajaran
Selain memperhatikan rasional teoretik, tujuan, dan hasil yang ingin dicapai, model pembelajaran memiliki lima unsur dasar (Joyce & Weil (1980), yaitu
  • Syntax, yaitu langkah-langkah operasional pembelajaran,
  • Social system, adalah suasana dan norma yang berlaku dalam pembelajaran, 
  • Principles of reaction, menggambarkan bagaimana seharusnya guru memandang, memperlakukan, dan merespon siswa,
  • Support system, segala sarana, bahan, alat, atau lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran, dan
  • Instructional dan nurturant effects, hasil belajar yang diperoleh langsung berdasarkan tujuan yang disasar (instructional effects) dan hasil belajar di luar yang disasar (nurturant effects).
hierarki model pembelajaran
Gambar 1. Posisi Hierarkis Model Pembelajaran
Menurut Agus Suprijono (2010:46) Model pembelajaran ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas maupun tutorial. Menurut Arends, model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk didalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas.

Melalui model pembelajaran guru dapat membantu peserta didik mendapatkan informasi, ide, keterampilan, cara berfikir, dan mengekspresikan ide. Model pembelajaran berfungsi pula sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para guru dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.

Dalam proses belajar banyak model pembelajaran yang dipilih sesuai dengan materi yang disampaikan oleh guru. Macam-macam model pembelajaran tersebut antara lain: Model Pembelajaran Kontekstual, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Quantum, Model Pembelajaran Terpadu, Model Pembelajaran Berbasis masalah (PBL), Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction), Model Pembelajaran diskusi.

Demikianlah uraian tentang pengertian model pembelajaran berikut sedikit beberapa macam model pembelajaran. Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

2 komentar

kontent yg bagus.. pengen belajar sperti ini....

makasih ya mbak... aq tunggu komenntar di blog ku ya mbak...

Trimaksh sudah berkunjung diblog. Semoga bermanfaat..

oke tunggu aja kunjungan baliknya..

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon