Friday, June 6, 2014

Metode Pendidikan dalam Perspektif Islam

Metode Pendidikan dalam Perspektif Islam - Pada postingan kali ini, blog pembelajaran akan share tentang metode pendidikan dalam perspektif Islam. Hal ini tentunya bisa menjadi bukti bahwa, dalam Islam pun ternyata banyak teori-teori yang menjelaskan mengenai suatu metode pendidikan. Berikut uraiannya.
Metode Pendidikan dalam Perspektif Islam
Menurut Ibnu Khaldun, ilmu-ilmu pengetahuan dalam kaitannya dengan proses pendidikan, sangat tergantung pada guru dan bagaimana mereka mempergunakan berbagai metode yang tepat dan baik. Oleh karena itu, guru wajib mengetahui faidah dari metode yang digunakan (Ahmad, 1975: 300). Mutu guru sangat terkait dengan kemampuannya memahami metode pendidikan dan keterampilan menggunakan metode tersebut di depan para siswa, sehingga proses pendidikan berlangsung efektif dan menyenangkan.

Definisi Metode Pendidikan

Menurut Chunaimah (1952: 177), metode mengajar berarti suatu cara yang harus dilalui untuk menyajikan bahan pengajaran agar tercapai tujuan pengajaran. Sedangkan Al-Abrasyi (h. 257) berpendapat, metode mengajar adalah jalan yang kita ikuti untuk memberikan pengertian kepada murid-murid tentang segala macam materi dalam berbagai pelajaran.

Metode pengajaran atau pendidikan adalah suatu cara yang digunakan pendidik untuk menyampaikan materi pelajaran, keterampilan, atau sikap tertentu agar pembelajaran dan pendidikan berlangsung efektif, dan tujuannya tercapai dengan baik. Guru harus menguasai materi pengajaran dengan baik, sehingga ia mudah memilih metode yang tepat untuk mengajarkannya.

Langkah-Langkah Pemilihan Metode dalam Pembelajaran

Menurut Sa'id (1995: 119), pemilihan metode mengajar harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini:
  • Memerhatikan tujuan pembelajaran. Jika tujuannya adalah agar siswa memperoleh  pengetahuan  dan  informasi,  maka  metode  yang  tepat adalah ceramah dan diskusi; jika tujuannya adalah agar siswa memperoleh keterampilan tertentu, maka metode yang tepat adalah praktik. Baca juga: Metode Latihan dan Praktik (Tajribah) dalam Islam
  • Memerhatikan kebutuhan dan usia siswa. Terkadang diperlukan mengemukakan pendapat siswa saat penggunaan metode ceramah, atau berdebat saat diskusi, atau percobaan saat praktik.
Demikianlah uraian mengenai metode pendidikan dalam perspektif Islam. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membuka cakrawala kita dalam memahami metode-metode pendidikan yang terdapat dalam Islam.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon